Selasa, 23 Agustus 2016

BERKARYA SENI RUPA

Seni Rupa, adalah cabang seni yang membentuk karya seninya dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan sentuhan/rabaan.

JENIS SENI RUPA

Berdasarkan Fungsinya 
  1. Seni Rupa Murni ( Fine Art / Pure Art ) yaitu Seni Rupa yang di buat hanya untuk dinikmati   keindahannya ( estetika dan artistiknya ). Contohnya; Seni Lukis, seni Kaligrafi dan Seni Patung
  2. Seni Rupa Terapan ( Appiled Art ) yaitu Seni Rupa yang dibuat selain untuk di nikmati keindahannya juga untuk memenuhi pungsi praktis/ kegunaannya. Contohnya : Seni Grafis, Seni Keramik, Seni Membatik, Seni Anyaman, Seni menyulam, Desain Prodac, dan seni Arsistektur.

Berdasarkan Bentuk Dimensinya (Matra) 
  1. Seni Rupa 2 Dimensi ( Dwimatra ) yaitu Seni Rupa yang wujudnya hanya dapat dipandang satu arah karena hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Contohnya : Seni Lukis, Seni batik, Seni Sablon, Seni mozaik, Seni Relif, Seni Grafis.
  2. Seni Rupa 3 Dimensi ( Trimatra ) yaitu Seni Rupa yang wujudnya dapat dipandang dari lebih satu arah  karena memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi ( volume ). Contohnya : Seni Patung, Seni Kria/kerajinan, Seni kramik dan Seni Arsistektur.
UNSUR – UNSUR SENI RUPA

Karya seni rupa ditata dengan unsur -unsur berikut :

Unsur Fisik seni rupa :
1. Garis
2. Raut ( Bidang dan Bentuk
3. Ruang
4. Tekstur
5. Warna
6. Gelap terang

Unsur Non fisik seni rupa :
Komposisi
1. Kesatuan.
2. Keseimbangan
3. Irama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar